Aneka Info Amalan hati

10 KOTA DENGAN BIAYA HIDUP TERMAHAL DI DUNIA

Artikel terkait : 10 KOTA DENGAN BIAYA HIDUP TERMAHAL DI DUNIA

Melejitnya biaya hidup, yang di antaranya kendaraan dan kebutuhan lainnya, ditambah dengan menguatnya mata uang, membuat Singapura menjadi kota dengan biaya hidup termahal di dunia.

Berdasarkan survei yang dirilis oleh Economist Intelligence Unit (EIU), posisi Singapura sebagai kota termahal di dunia sekaligus menggeser Tokyo, yang sebelumnya berada di posisi pertama.

Turunnya peringkat Tokyo sebagai kota termahal salah satunya disebabkan melemahnya nilai tukar yen terhadap dollar AS. "Naiknya harga-harga di Singapura telah berlangsung," tulis laporan tersebut, sebagaimana dikutip dari AFP, Selasa (4/3/2014).

Laporan itu menyebutkan naiknya nilai tukar dollar Singapura sebesar 40 persen telah mendorong kenaikan harga barang sekaligus mendorong posisi Singapura naik menjadi kota termahal di dunia.

Survei tersebut dilakukan dengan melihat harga 160 item barang dan jasa di 140 kota, dan dimaksudkan untuk memberikan kalkulasi bagi perusahaan yang ingin menempatkan pekerjanya di luar negeri.

Laporan EUI menyebutkan bahwa Pemerintah Singapura membatasi kepemilikan mobil dengan cara menerapkan pajak tinggi bagi pemiliknya. Hal itu membuat harga mobil naik signifikan.

Misalnya, harga mobil baru Toyota Corolla Altis di Singapura dihargai sebesar 110.000 dollar AS atau sekitar Rp 1,27 miliar. Padahal, di Malaysia, harga mobil sejenis hanya sebesar 35.000 dollar AS atau sekitar Rp 406 juta.

Hal lainnya, ongkos transportasi umum di Singapura hampir tiga kali lipat ketimbang di New York. "Sebagai negara dengan kekayaan alam yang sangat sedikit, Singapura bergantung kepada negara lain dalam hal pasokan energi dan air," tulis EIU.

Berikut adalah 10 kota dengan biaya hidup termahal di dunia.

1. Singapura
2. Paris, Perancis
3. Oslo, Norwegia
4. Zurich, Swiss
5. Sydney, Australia
6. Caracas, Venezuela
7. Geneva, Swiss
8. Melbourne, Australia
9. Tokyo, Jepang
10. Kopenhagen, Denmark 

SEMOGA INFORMASI INI BERMANFAAT BUAT SAUDARA

Artikel Amalan Hati Lainnya :

Copyright © 2015 Amalan Hati | Design by Bamz