Aneka Info Amalan hati

TIGA WARISAN ISLAM DI SPANYOL

Artikel terkait : TIGA WARISAN ISLAM DI SPANYOL

Selama lebih dari tujuh abad, dari 8 M sampai 15 M, peradaban Islam pernah berakar kuat di Spanyol. Wilayah kekuasaan Islam itu lebih dikenal dengan Andalusia. Andalusia boleh saja lepas dari kekuasaan Islam, tetapi jejak peradaban Islam di wilayah barat daya Eropa masih bisa ditelusuri hingga kini dan menjadi situs sejarah yang berharga sekaligus objek wisata di Spanyol. 



Meski sebagian peninggalan tersebut telah beralih fungsi, seperti  Masjid Cordoba pada masa Dinasti Umayyah, yang sekarang difungsikan sebagai Gereja Katedral Katolik (Catedral de Cordoba). Tetapi, tak sedikit pula yang masih bertahan hingga sekarang. Warisan peradaban Islam itu bukan hanya tempat ibadah, tetapi juga berupa istana, benteng, hingga bendungan. Berikut ini beberapa bukti sejarah dan sisa-sisa jejak Islam di Spanyol: 

1. Puente Romano




Jembatan dengan panjang 400 m, lebar 40 m, dan tinggi 30 m ini merupakan warisan Islam yang sangat berharga di Cordoba. Jembatan ini direkonstruksi dan disempurnakan oleh penguasa Andalusia, Ibnu Malik al-Khaulani, atas perintah Umar bin Abd al-Aziz pada 101 H. Jembatan yang dikenal pula dengan Jisr atau Qintharah Qurthubah ini disebut-sebut sebagai jembatan termegah pada masa itu dengan detail arsitektur yang menawan.

2. Palacio de Generalife




Di Spanyol, tak hanya Istana al-Hamra dengan keelokannya nan menawan yang diwariskan oleh peradaban Islam, tetapi tak jauh dari istana tersebut ada pula Jannat al-Arif. Sebuah istana megah yang dibangun Penguasa Granada Raja Nasrid Emir sebagai tempat beristirahat dan rekreasi selama musim panas tiba. Tempat ini selain dipenuhi dengan aneka tanaman hias juga dipercantik dengan balutan ukiran kaligrafi khas Islam. 

3. Benteng Malaga




Benteng ini merupakan salah satu benteng warisan Islam di Spanyol. Selama Islam berkuasa di sana, sejumlah benteng didirikan di kota-kota besar utama, antara lain, di Granada dan Cordoba. Motif pendirian banteng ini tak lain untuk melindungi dan mempertahankan daerah sekitarnya dari rongrongan musuh. Aristektur bangunannya mirip dengan benteng-benteng di Maroko. Letaknya berada di lokasi strategis agar memungkinkan pertahanan selama mungkin dari serangan lawan.

Artikel Amalan Hati Lainnya :

Copyright © 2015 Amalan Hati | Design by Bamz